Terhangat
Loading...

Menyiapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital

KB 1 - Menyiapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital

Menyiapkan pembelajaran ada dalam fase perancangan atau perencanaan yang biasanya dituangkan dalam bentuk RPP yang bukan sekadar untuk keperluan dokumentasi administratif dan memenuhi tuntutan kurikulum. Guru harus mampu menyelenggarakan pembelajaran yang harmonis. Untuk itu diperlukan rencana yang baik. Terkadang karena berbagai hal, pembelajaran yang sudah direncanakan dengan matang bisa berubah dari rencana awal. Bayangkan apabila Sahabat tidak mempersiapkan kelas dengan baik. Teknologi digital mungkin lebih akrab dengan peserta didik dibanding dengan gurunya. Tidak bisa dielakkan bahwa generasi peserta didik adalah digital technology native yang artinya kecanggihan teknologi digital tidak akan menjadi isu utama.

Mari kita awali materi tentang teknologi digital dengan beberapa data yang menjelaskan kondisi digital di Indonesia berikut:


atau mengunduh filenya pada tautan berikut: file digital Indonesia

Dari data kondisi digital di Indonesia tersebut, diharapkan Sahabat mendapatkan gambaran bagaimana kondisi tersebut menjadi tantangan sekaligus kekuatan sumber daya yang dimiliki. Hal-hal yang ditampilkan dalam data tersebut dapat dijadikan salah satu dasar untuk melakukan analisis kebutuhan akan pembelajaran berteknologi digital. Sebagai seorang pendidik, merumuskan aktivitas belajar terbaik adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Apakah Sahabat pernah melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) atau menulis jurnal hasil penelitian/kajian? Silakan lihat contoh jurnal mengenai analisis kebutuhan teknologi digital untuk pembelajaran berikut:

Jurnal 1
Jurnal 2


Tantangan masa depan     

Kehadiran teknologi membawa banyak potensi sekaligus tantangan bagi bangsa. Di bidang pendidikan, Sahabat Rumah Belajar adalah pendidik yang saat ini menjadi ujung tomba pendidikan karena berhadapan lansung dengan peserta didik. Tantangan seperti apa yang kita hadapi? Silakan baca paparan singkat Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) berikut ini:


antangan yang akan dihahadapi oleh peserta didik kita di masa depannya tentu berbeda dengan yang kita hadapi. Contohnya adalah perubahan profesi, akan ada pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya tidak bisa kita bayangkan ada saat ini.

Lalu bagaimana Sahabat harus menyikapi tantangan yang ada? Mari kita rumuskan strategi dengan melibatkan teknologi digital dalam pembelajaran. Transformasi digital dalam pendidikan berupaya meningkatkan dan memperbaiki unsur akses, mutu dan relevansi, serta tata kelola pendidikan. Menghadirkan Rumah Belajar untuk pendidikan Indonesia adalah satu wujud transformasi digital. Implementasi pemanfaatan portal Rumah Belajar terus meluas. Secara internal, pengelola Rumah Belajar pun terus melakukan peningkatan fungsi dan layanan serta mendiaspora penggunaannya.



Rencana pembelajaran dengan media digital

Mengapa Sahabat perlu membuat rencana pembelajaran? Bukankan zaman semakin mudah dengan hadirnya teknologi digital? Tidak ada salahnya melakukan persiapan dengan membuat rencana pembelajaran. Karena Sahabat memiliki tanggung jawab mendidik siswa yang akan menghadapi masa depannya sendiri.

Lalu bagaimanakah rencana pembelajaran dengan media digital yang ideal? Sahabat harus ingat, bahwa dalam teknologi pembelajaran tidak ada media yang generik untuk berbagai situasi dan kondisi belajar. Maka rencana pembelajaran yang terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan kelas Sahabat. Berikut beberapa tips berpikir global bertindak lokal dalam menyiapkan pembelajaran dengan media digital:

  1. Perbanyak membaca untuk memperluas wawasan
  2. Banyak referensi dapat mengasah kreativitas
  3. Sesuaikan kondisi peserta didik dan lingkungan
  4. Tidak perlu takut gagal. Lebih baik mencoba

Untuk menambah wawasan Sahabat tentang menyiapkan pembelajaran dengan memanfaatkan media berteknologi digital, silakan pelajari beberapa sumber berikut:


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang perlu ada di dalam rencana pembelajaran, Pertimbangan apa saja yang Sahabat gunakan sebagai konsep untuk memilih media pembelajaran? Berikut sejumlah pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang tepat dengan menggunakan akronim kata ACTION, yaitu: Access, Cost, Technology, Interactivity, Organization, dan Novelty.


Materi pembelajaran KB 1 ini dapat Sahabat pelajari lebih detil pada modul.

Sumber : Kegiatan Belajar 1
HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close