Terhangat
Loading...

Refleksi Pembelajaran Media Pembelajaran Berteknologi Digital

1. Sebutkan 20 s.d 30 istilah penting/kata kunci yang relevan/berkaitan dengan pembelajaran di modul diklat Media Pembelajaran Berteknologi Digital ini.


2. Buatlah refleksi hasil refleksi setelah mempelajari modul ini. Refleksi dibuat dalah bentuk essai


1. 20 s.d 30 istilah penting/kata kunci yang relevan/berkaitan dengan pembelajaran di modul diklat Media Pembelajaran Berteknologi Digital
1) Media pembelajaran
2) Teknologi digital
3) Komputasi awan
4) Kecerdasan buatan (AI)
5) Internet of Things
6) Konektivitas 5G
7) Digitalisasi
8) Big data
9) Access
10) Cost
11) Technology
12) Interactivity
13) Organization
14) Novelty
15) Daring
16) Luring
17) Digital native
18) Total teaching
19) Major resources
20) Suplemen view
21) Augment reality
22) Redesigned Learning Spaces (Smartboards)
23) Gamifikasi 
24) Multimedia interaktif
25) Microvideo
26) Tutorial
27) Screencast
28) Presentasi & lecture
29) Podcast
30)

2. Refleksi

Penggunaan ICT sudah diterapkan mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, sampai ke perguruan tinggi. Proses pembelajaran mengalami pergeseran dari konvensional menjadi digital dengan alasan fenomena pemanfaatan teknologi dimasyarakat yang kian tinggi. Guru memiliki peranan sangat strategis dalam proses pembelajaran. Peran startegis guru dalam proses pembelajaran ini memiliki dampak pada kompetensi yang dicapai siswa (pengetahuan, sikap, keterampilan). Kompetensi siswa akan berkembang secara optimal tergantung bagaimana guru memposisikan diri dan menempatkan posisi siswa dalam pembelajaran. 

Teknologi digital adalah teknologi yang dioperasikan dengan menggunakan sistem komputerisasi, sistem tersebut didasari dari bentuk informasi sebagai nilai numeris 0 dan 1 yang mengidentifikasikan tombol hidup dan mati. Teknologi digital juga dapat dikatakan teknologi nirkabel, maksudnya adalah teknologi ini memanfaatkan signal sebagai sarana penghubung kepada medianya sebagai penyampai pesan. Sinyal digital mempunyai keistimewaan tersendiri bahwa kecepatan yang di kirimkan oleh sinyal tersebut melebihi kecepatan cahaya yang mana sistem ini tidak ditemukan dalam teknologi analog.Teknologi digital dalam perspektif komunikasi merupakan sistem penyampaian yang efisien, komunikasi menjadi lebih dinamis tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. (Muhasim, 2017) 

Teknologi digital merupakan pengembangan dari teknologi pendahulunya.Teknologi ini membawa banyak perubahan dan yang paling mudah diamati adalah perubahan perangkat atau peralatan dari yang bersifat analog kini menjadi digital.

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang perlu ada di dalam rencana pembelajaran, Pertimbangan apa saja yang Sahabat gunakan sebagai konsep untuk memilih media pembelajaran? Berikut sejumlah pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang tepat dengan menggunakan akronim kata ACTION, yaitu: Access, Cost, Technology, Interactivity, Organization, dan Novelty. 


HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close