Terhangat
Loading...

Aplikasi Gratis Pembuat Game untuk Penulis Cerita

Tidak semua ahli coding, kan? Walau cara membuat game stencyl bisa dibilang gampang, tapi masih ada yang bilang susah.

Nah, yang tipe-tipe begitu biasanya cenderung ke narrative storyteller daripada coder. Ada 2 opsi nih, yaitu Twine dan RPG Maker.

1. Twine


Twine adalah sistem dimana dengan cara yang simpel bisa membantumu membuat cerita yang interaktif dan non linear.

Cara gampangannya, kamu dapat membuat game choose your adventure sendiri. Cara bikin gamenya  gampang banget  kok. Kamu cukup menghubungkan satu cerita ke cerita lain dengan node yang tersedia, seperti membuat mindmap. Jika sudah, kamu dapat publish game kamu ke website.

Cara membuat game seperti visual novel dengan Twine memang mudah, tapi kamu bisa juga melihat tutorial dasar Twine jika perlu.

Game populer yang pernah dibuat dengan Twine termasuk A Kiss dan Cry$tal Warrior Ke$ha.

Link Download


2. RPG Maker


Jika Twine dirasa terlalu jadul, cobalah RPG Maker.

Versi gratisnya memang tidak se-powerful aplikasi berbayar lainnya, tapi kamu dapat berbuat banyak dengan aplikasi pembuat game ini.

Cara pembuatan game pada sistemnya juga mudah dipahami. Kamu dapat drag and drop grafis, menambahkan dialog hanya dalam sekali klik, dll.

Jika memutuskan membuat game menggunakan RPG Maker, kamu sudah difasilitasi dengan assets musik dan art gratis. Ada juga tutorial cara membuat game di web resminya yang sangat membantu. Memang perlu berpikir lebih jika ingin membuat RPG yang lebih rumit.

Contoh gamenya ada To the Moon, LISA, Clock of Atonement, dan One Night.

Link Download

HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close