Terhangat
Loading...

Aplikasi Gratis Membuat Game untuk Pemula

Yay! Sekarang sudah tidak seperti dulu yang opsi aplikasi untuk membuat game nya masih terbatas. Sekarang sudah banyak pilihan aplikasi pembuat game sendiri. Tapi, yang mana ya kira-kira engine yang terbaik bagimu, menyesuaikan skillset kamu sekarang?

Sebelum ngoprek dan mulai membuat game sendiri dengan cara menggunakan aplikasi-aplikasi dibawah, setidaknya kamu sudah punya basic di bidang programming. Bukan masalah usia sih ini, tapi masalah keinginan dan skill. Artikel ini hanya membahas aplikasi gratis untuk membantumu membuat game sendiri.

Jika kamu ingin mulai membuat game tapi tidak punya pengalaman apapun di bidang programming, baiknya gunakan aplikasi yang mudah digunakan.

Dua diantara yang paling populer adalah Stencyl dan GameMaker. Cara membuat game pada kedunya ditujukan untuk pemula dan ada banyak game berkualitas yang dihasilkan oleh kedua aplikasi tersebut.

1. Stencyl


Stencyl adalah aplikasi untuk cara termudah membuat game tanpa coding.

Antarmuka-nya berkonsep drag and drop serta game buatanmu dapat diekspor ke versi Windows, Mac, Linux, iOS, Android, dan Flash.

Jika kamu pernah menggunakan aplikasi Scratch, dengan cepat kamu akan merasa familier dengan pendekatan Stencyl ala LEGO, yaitu membangun code dengan menyusun balok-balok.

Stencyl bertujuan agar pembuatan game berbasis sprites menjadi sangat mudah, karena itulah Stencyl banyak digunakan untuk membuat game dengan genre puzzle dan side-scroller.

Susah jika kita mencoba membuat game yang sangat kompleks menggunakan Stencyl. Jadi, jika kamu ingin membuat game bergenre strategi atau RPG, cobalah aplikasi lain.

Beberapa game populer yang dibuat dengan Stencyl adalah Impossible Pixel dan Zuki’s Quest. Jangan khawatir, Stencyl menyediakan built-in tutorial yang akan membantumu membuat game.

Link Download


2. GameMaker


GameMaker adalah aplikasi alternatif lainnya yang gratis dan mudah digunakan untuk membuat game untuk Windows, Mac, iOS, dan Android.

Seperti Stencyl, hampir semua langkah membuat game dilakukan dengan drag and drop, tapi GameMaker juga menyediakan hooks untuk membuat game multi player, menghubungkan SDK eksternal, coding, dan banyak lagi.

Versi gratis GameMaker menyertakan watermark saat kita ekspor gamenya, tapi aplikasi ini sangat bagus untuk mulai membuat game karena juga dilengkapi banyak tutorial dasar maupun lanjutan.

GameMaker lebih serba guna daripada Stencyl di bidang banyaknya style game yang dapat dihandle.

Game populer yang dibuat dengan GameMaker diantaranya ada Spelunky dan Hotline Miami.

Link Download

Alternatif lain:

  1. Buildbox: Aplikasi yang masih baru, tersedia versi trial gratis agar kamu bisa membuat game pertamamu.
  2. GameSalad: Aplikasi pembuat game yang sudah lama dan populer, walaupun ada yang bilang kalau banyak bug dan tidak stabil.
  3. Construct juga layak dipertimbangkan jika kamu akan membuat game HTML5.

Masalah yang mungkin timbul dari opsi tadi adalah keterbatasan. Aplikasi pembuat game tadi ditujukan untuk pemula, dan akan bermasalah jika kamu ingin eksplor lebih lanjut, membuat game yang kompleks. Walau begitu, masih merupakan permulaan yang bagus bagi kamu yang tidak punya pengalaman coding.

HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close