Terhangat
Loading...

Keutamaan Shalat Jum'at


Keutamaan Sholat Jum'at

Allah berfirman:
''Wahai orang-orang yang beriman. Apabila kamu di seru untuk melaksanakan sholat pada hari jum'at, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui''.
(QS. 62: 9)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
''Hendaklah orang-orang itu berhenti dari meninggalkan sholat jum'at atau kalau tidak, Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang yang lalai''.
(HR. Muslim)

''Sungguh aku berniat menyuruh seseorang menjadi imam sholat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan sholat jum'at''.
(HR. Muslim)

''Sholat jum'at itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjama'ah terkecuali empat golongan, yaitu: hamba sahaya, perempuan, anak kecil dan orang yang sakit''.
(HR. Abu Daud & Al-Hakim)

''Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya memuliakan jama'ah sholat pada shaf terdepan''
(HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah)

''Sesungguhnya para malaikat datang pada hari jum'at, lalu duduk di pintu-pintu mesjid untuk mencatat hamba Allah yang datang pertama, kedua dan ketiga. Nilai pahalanya berdasarkan urutan mereka datang sampai imam keluar, ketika imam keluar para malaikat pun meninggalkan mesjid dengan membawa catatan amal''.
(HR. Ahmad)

''Sungguh manusia datang duduk dihadapan Allah di hari akhirat kelak berdasarkan urutan kedatangan mereka untuk sholat jum'at''.
(HR. Ibnu Majah)

Semoga bermanfa'at.
Salam santun Jum'at Mubarak....

klik share/bagikan

HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close