Terhangat
Loading...

Soal MTK SMA Barisan dan Deret 2

1.      Pada percobaan di sebuah laboratorium, temperatur bendaya diamati setiap menit. Setelah 13 menit suhunya 7oC dan setelah 19 menit suhunya 15oC. Tentukan kenaikan suhu permenitnya.
2.      Pada awal bekerja amat mempunyai gaji Rp200.000,00 perbulan. Tiap tahun gaji amat naik sebesar naik sebesar Rp15.000,00 per bulan. Berapa gaji amat setelah dia bekerja selama 7 tahun?
3.      Mula-mula sebuah bak mandi berisi air 8 liter air. Untuk menambah jumlah air, kran dibuka dan air mengalir sebanyak 3 liter per menit. Berapa liter air yang yang berada dibak jika lama membuka kran tersebut adalah 11 menit?
4.      Sebuah perkebunan jeruk pada saat musim panen menghasilkan 50.000 buah jeruk. Tiap hari dipetik sebanyak 7.250 buah. Setelah 6 hari dipetik ternyata ada beberapa buah jeruk yang masih mentah, maka kefiatan memetik jeruk dihentikan. Berapa buah jeruk yang masih di pohon?
5.      Dalam suatu acara lomba lari maraton, waktu seorang peserta lomba 5 menit untuk kilometer pertama, 5 menit 15 detik untuk kilometer kedua, 5 menit 30 detik untuk kilometer ketiga, dan seterusnya. Hitunglah waktu tempuh untuk kilometer kesepuluh.
6.      Diantara 8 dan 60 disisipkan tiga bilangan sehingga terjadi barisan aritmetika. Tentukan barisan itu!
7.      Diantara bilangan-bilangan 7 dan 103 disisipkan sebanyak 31 bilangan, sehingga bilangan-bilangan semula dengan bilangan yang disisipkan membentuk barisan aritmetika.
a.       Carilah beda barisan aritmetika yang terbentuk.
b.      Carilah rumus suku ke-n (n ≤ 33).
HALAMAN SELANJUTNYA:

iklan banner

Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close